Sepintas tentang UKOM Farmasi 2020

UKOM Farmasi, Uji Kompetensi, Surat Tanda Registrasi Tenaga Teknis Kefarmasian, STRTTK, Ukom Farmasi CBT
UKOM Farmasi ?
Heloo gaes. Sehat-sehat yaa, biar bisa pantengin terus postingan gue, hehe :v

Di tulisan pertama yang bakalan gue posting ini, gue bakalan bahas dulu nih hal-hal yang berkaitan dengan Uji Kompetensi (UKOM) Farmasi. Nah, ujian ini diperuntukkan untuk mendapatkan Surat Tanda Registrasi Tenaga Teknis Kefarmasian (STRTTK) ya gaes.  

Menurut gue sih penting banget yah, soalnya kalo udah lama-lama tuh kuliah di jurusan farmasi tapi cuma dapet ijazah doang kaga dapet STRTTK rasanya tuh greget bangeet, sediih, jengkel, pengen nangis aja bawaan nya (pasti) apalagi kalo inget perjuangan kita dan orang tua yang terus nguliahin kita, hmm banget pastinya. 

Emang sih, beberapa perusahaan ada yang gak men-syaratkan STRTTK buat dijadiin prioritas untuk harus ada STRTTK nya, tapi lebih banyak yang harus ada dan dijadikan syarat lho gaes, apalagi kalo pengen bekerja ke puskesmas, klinik, dan rumah sakit. Kalo industri biasanya tidak menjadikan syarat ( cmiiw ) hehe.

Kalo sekolah farmasi tapi enggak tahu apa itu UKOM Farmasi, pengen aku hih rasanya. hahaha. Tetap semangat ya kuliahnya. 

Apa Aja Ujiannya ?

Baca juga : UKOM Farmasi (UKTTK) 2016

Nah ini nih penting banget buat kita, apa aja sih yang bakalan di ujikan ?

Berdasarkan soal-soal tahun lalu yang gue liat nih ada soal-soal kasus tentang Farmasi Komunitas dan Klinik ( biasanya bahas tentang farmasetika dasar, farmakologi di apotek dan rumah sakit, gak cuma ini banyak lho pokoknya pelajarin seputar sistem perbekalan farmasi di apotek, puskesmas dan rumah sakit ya gaes), Obat Tradisional ( Jangan lupa ya pelajaran tentang obat tradisional, farmakognosi, fitokimia, herbal medis dan pelajaran yang berkaitan dengan obat tradisional lainnya ), dan satu lagi nih Farmasi Industri ( berkaitan dengan sediaan farmasi, kosmetik, cpob dan lainnya seputar industri.

Nah, sudah tahu kan apa yang bakal di ujikan ketika UKOM Farmasi ?? jadi gada alasan buat salah belajar, jadi belajar nya pun tepat. Kalian bisa tanya-tanya lagi ke dosen kalo lupa pelajarannya, hehe.

Tambahan lagi nih, jumlah soalnya 180 soal ya gaes isinya ya seputar farmasi komunitas, farmasi klinis, obat tradisional dan farmasi industri, pas masih PBT kayak nya (CMIIW).

Mulai tahun 2017 ujian sudah memakai CBT gaes, jadi enggak bisa iseng corat coret soal biar dikira banyak ngerjain hahaha.

FYI nih, kalo kata kaka tingkat gue yang udah pernah ikut ukom farmasi 2019 sih jumlah soalnya 200 an lebih dan waktu pengerjaan soalnya 1 soal 3 menit. ( Ada 4 paket ujiannya, jadi per orang yang deketan beda-beda soal nya ).

Tips nih : Mending di isi walaupun tidak tahu jawabannya, karena tidak ada pengurangan nilai pada UKOM Farmasi CBT.

Ukom Farmasi 2020


Ukom farmasi komunitas, Ukom Farmasi Industri, Ukom Farmasi Obat Tradisional
https://www.ukomfarmasi.com

Ukom Farmasi 2020 merupakan suatu ujian kompetensi yang dilakukan seorang farmasis yang ditujukan untuk mengukur tingkat pengetahuan dari awal kuliah hingga akhir kuliah nya. Ujian tersebut harus dilewati seorang farmasi mengingat pentingnya Surat Tanda Registrasi Tenaga Teknis Kefarmasian ( STRTTK) untuk menunjang karir nya bahwa kompeten di bidang farmasi serta dijadikan syarat untuk mencari pekerjaan di Rumah Sakit, Industri Farmasi, Puskesmas dan Apotek.

Maka dari itu, untuk mempersiapkan Ukom Farmasi 2020, APDFI ( Asosiasi Pendidikan Diploma Farmasi Indonesia ) melakukan Latihan Ujian Bersama Ukom Farmasi yang mana tujuannya agar para mahasiswa d3 farmasi di Indonesia lebih siap dalam menghadapi uji kompetensi farmasi 2020 yang akan dilaksanakan pada pertengahan Oktober, 2020.

Perlu Banget nyiapin ini untuk Ukom Farmasi 2020

Di jurusan farmasi  secara garis besar kamu akan mempelajari :

Farmasi Komunitas

Banyak hal yang dipelajari di bidang farmasi komunitas ini antara lain; kamu akan mempelajari farmasetika dasar bagaimana cara untuk menghitung dosis obat,  meracik obat, analisis interaksi obat, efek samping obat yang mana nanti akan kamu aplikasikan di rumah sakit, puskesmas, klinik, apotek dan toko obat.

Farmasi Industri

Pada bidang industri kamu akan belajar tentang membuat kebutuhan kita sehari-hari. Jangan salah obat atau sediaan farmasi itu bukan hanya tablet, kapsul, sirup, tapi juga cream, salep, gel, banyak juga yang dimanfaatkan karena fungsi estetikanya. Selain itu, kamu juga akan mempelajari pengujian evaluasi sediaan yang kamu buat hingga layak untuk di edarkan.

Obat Tradisional

Pada bidang obat tradisional kamu akan mempelajari tanaman-tanaman obat yang tadi nya kita tidak tahu ini tanaman buat apasih, di Farmasi kamu bakalan dikasih tahu manfaatnya. Tidak hanya itu, kamu akan diajari cara mengolah tanaman tersebut untuk memperoleh khasiatnya. Gimana , nambah seru banget kan ?


Dari ketiga nya itu penting banget kamu pelajari untuk menghadapi Uji Kompetensi Farmasi untuk memperoleh STRTTK yang sangat penting untuk didapatkan mengingat bekerja di kesehatan harus mempunyai STRTTK, jika tidak akan susah memasuki dunia kerja, mayoritas perusahaan mencari pekerja dengan farmasis yang mempunyai STR. Kamu bisa akses bank soal UKOM Farmasi atau kunjungi website kepoin farmasi untuk lebih lengkapnya dan semoga kamu bisa lebih siap untuk menghadapi Ukom Farmasi 2020.

UKOM Farmasi

UKOM Farmasi
Sumber: https://farmasi.poltekkespalembang.ac.id/


Ukom Farmasi 2016

Berikut Soal Ukom Farmasi 2016 :

KASUS
Ekstraksi ialah suatu metoda operasi yang digunakan dalam proses suatu pemisahan komponen dari campurannya menggunakan sejumlah massa bahan (solven) sebagai tenaga pemisah sehingga nantinya diperoleh Ekstrak. Rendemen ekstrak yang dihasilkan bervariasi tergantung ketepatan penggunaan metode dan pelarut dalam ekstraksi.

SOAL 
Faktor yang mempengaruhi hasil rendemen ekstrak tanaman herbal adalah sebagai berikut, kecuali :
• Sortasi
• Perajangan
• Waktu panen
• Metode ekstraksi
• Pelarut yang digunakan untuk ekstraksi

JAWABAN • Sortasi

KASUS
Seorang analis farmasi di sebuah industri obat tradisional melakukan identifikasi terhadap zat identitas terhadap sampel Blumeae balsamiferae Folium secara kromatografi lapis tipis (KLT). Zat identitas Blumeae balsamiferae Folium adalah kuersetin dengan struktur sebagai berikut:

SOAL 
Pereaksi semprot apakah yang digunakan untuk mendeteksi senyawa pada lempeng KLT?

• Dragendorf 
• Liebermann Burchard
• Kalium permanganat 
• Anisaldehid asam sulfat
• Sitroborat

Jawaban : Sitroborat

Ukom Farmasi 2017

Berikut Soal Ukom Farmasi 2017 :

KASUS
Identifikasi keberadaan glikosida antrakinon dalam Rhei radix  dilakukan dengan prosedur berikut. Sebanyak 0,5  g  serbuk direndam dengan campuran FeCl3 dan HCL  (2:1)  sampai semua serbuk terendam, kemudian panaskan dalam penangas air  selama 10  menit,   saring selagi panas,   lalu dinginkan. Filtrat ini kemudian disari dengan eter sebanyak 3  kali  (@10 ml  eter), Kemudian reaksikan dengan larutan encer ammonia, NaOH atau KOH. 

SOAL 
Dari   penjelasan di  atas,   apakah fungsi penggunaan FeCl3  dan HCL   (2:1)  dalam prosedur tersebut? 

Jawaban : Menghidrolisis antrakinon dari bentuk glikosida

Ukom Farmasi 2018

Berikut Soal Ukom Farmasi 2018 :

SOAL 
Untuk mengetahui keberadaan tannin  dapat dilakukan skrining fitokimia,  berikut ini manakah yang tidak termasuk cara untuk menetukan keberadaan tannin? 

• Menggunakan  FeCl3 1 % 
• Menggunakan larutan gelatin 2 % 
• Menggunakan larutan Pb asetat 
• Menggunakan Kalium Ferrisianida dan ammonia 
• Menggunakan Anisaldehide asal sulfat

Jawaban : Menggunakan Anisaldehide asal sulfat

Ukom Farmasi 2019

Berikut Soal Ukom Farmasi 2019 :

SOAL 
Bagaimanakan identifikasi yang  dapat dilakukan untuk mengetahui keberadaan glikosida sianogenik dalam singkong? 
• Menggunakan identifikasi dengan kertas lakmus berdasarkan perubahan warna
• Identifikasi dengan menggunakan pereaksi blood reagen yang ditandai dengan adanya hemolisis dengan perubahan warna putih pada reagen yang digunakan.
• Menggunakan kertas pikrat yang ditandai dnegan adanya perubahan warna kuning menjadi coklat 
• Menggunakan pereaksi mayer berdasarkan prinsip pengendapan menghasilkan endapan putih
• Identifikasi dengan teknik shinoda test  yang  ditunjukan dengan adanya perubahan warna menjadi kemerahan

Jawaban : Menggunakan kertas pikrat yang ditandai dengan adanya perubahan warna kuning menjadi coklat

Ukom Farmasi 2020

Berikut Soal Ukom Farmasi 2020 :

KASUS
Perkolasi merupakan suatu cara penarikan memakai alat yang disebut perkolator yang simplisianya terendam dalam cairan penyari, dimana zat-zat akan terlarut dan larutan tersebut akan menetes secara beraturan sampai memenuhi syarat yang telah ditetapkan.

SOAL 
1. Termasuk cara penarikan apakah dimana cairan penyari yang dipakai dapat dipergunakan secara perbulang-ulang? 

JAWABAN : Perkolasi sinambungi

KASUS
Ekstraksi merupakan kegiatan penarikan kandungan kimia yang dapat larut sehingga terpisah dari bahan yang tidak dapat larut dengan menggunakan pelarut cair. Metode ekstraksi sendiri dibagi menjadi beberapa macam.

SOAL 
2. Metode Ekstraksi apakah yang dilakukan dengan cara mengalirkan pelarut melalui serbuk simplisia yang telah dibasahi? 
• Maserasi
• Soxhletasi 
• Destilasi
• Perkolasi
• Infus

JAWABAN • Perkolasi


KASUS
Seorang TTK sedang mengidentifikasi alkaloid piperin dari simplisia Piperis Nigri Fructus dengan menggunakan Kromatografi Lapis Tipis. Noda yang terbentuk direaksikan dengan penampak bercak dan menghasilkan noda berwarna orange.
 

SOAL
Apakah penampak bercak yang digunakan oleh peneliti ?

A Sitroborat

B Amoniak

C Anisaldehide asam sulfat

Dragendorf

E Liebermann-Burchard


KASUS
Copy resep: 

Iter 1x R/ Aminophyllin 100 mg. 

Efedrin HCI. 

Phenobarbital aa 25 mg. 

GG 100 mg. 

m.f pulv dtd X da in caps.

S. t dd | ------Det 5 

SOAL
Berapa sisa kapsul yang bisa diberikan kepada pasien tersebut?

А 5

10

C 15

D 20

E 25

KASUS
Seorang ibu ingin membeli obat cacing untuk anaknya. Obat yang akan dibeli adalah obat Combantrin tablet 125 mg.7080123)

SOAL 
Apakah golongan peringatan obat tersebut?

P1

B P2 

C P3

D P4

P5

Try Out UKOM Farmasi 2020

Berikut Soal Try Out UKOM Farmasi 2020 :

KASUS
Salah satu metode ekstraksi simplisia yaitu infus. Pembuatan infus sendiri yaitu dengan cara memanaskan panci yang berisi simplisia diatas penangas air yang mendidih selama 15 menit.

SOAL 
Berapakah suhu yang digunakan dalam pembuatan sediaan infus?

• 30C
• 60C
• 90C
• 100C
• 120C

JAWABAN
• 90C

Latihan Ujian Bersama (LUB) Ukom Farmasi 2020 

Latihan Ujian Bersama Ukom Farmasi adalah Try Out Ukom D3 Farmasi di Wilayah Kopertis IV, berikut soal-soalnya :

KASUS
Seorang TTK yang bekerja di Industri Obat Tradisional sedang melakukan identifikasi komponen kimia dari tanaman Strophanthus kombe. Hasil identifikasi menunjukkan senyawa tersebut23) mengandung komponen gula dan bukan gula

SOAL
Apakah golongan kimia zat aktif tersebut?

A Alkaloid
B Flavonoid
C Glikosida
D Poliketida
E Terpenoid

KASUS
Pasien datang ke apotek untuk membeli sediaan suppositoria berisi bisakodil. Pasien sudah pernah menggunakan sediaan tersebut, menyiapkan obat tersebut.

SOAL
Berapakah jumlah maksimal sediaan obat yang dapat diberikan?

A 1 buah
B 2 buah
C 3 buah
D 4 buah
E 5 buah

KASUS
Pada proses pencetakan tablet metampiron, dihasilkan beberapa tablet dengan kondisi terlepasnya lapisan pada permukaan. Kerusakan tablet ini disebabkan karena kurangnya daya pengikat dalam massa tablet.

SOAL
Apakah istilah untuk kerusakan tablet pada kasus tersebut?

A Binding
B Sticking
C Whiskering
D Capping
E Mottling

KASUS
TTK pelaksana QC di industri obat tradisional melakukan identifikasi kandungan senyawa aktif dari destilat sereh menggunakan KLT. Hasil KLT menunjukkan jarak eluasi 10 cm, standar minyak atsiri bergerak sejauh 4 cm dari titik penotolan dan destilatnya bergerak sejauh 3 cm dari titik penotolan.
SOAL
Berapakah nilai Rf standar pada identifikasi tersebut?

A 0.1
B 0.3
C 0.4
D 0.6
E 0.7

KASUS
Seorang TTK di Rumah Sakit melakukan pemesanan obat untuk memenuhi kebutuhan pasien di bawah pengawasan Apoteker. Obat yang akan dipesan adalah obat kemoterapi, yang termasuk obat slow moving

SOAL
Apakah metode pengadaan yang tepat untuk pembelian obat tersebut?

A Epidemiologi
B Epidemiologi dan konsumsi
C Just in time (JIT)
D Konsumsi
E Konsumsi dan JIT

KASUS
TTK yang bekerja di laboratorium kesehatan provinsi, melakukan identifikasi kandungan senyawa yang berasal dari akar klembak, yang akan digunakan sebagai antibakteri. Hasil identifikasi I love the identik dengan membuktikan bahwa tanaman tersebut bereaksi positif dengan membentuk busa yang stabil dengan penggojokan

SOAL
Apakah golongan senyawa tersebut ?

A Tanin
B Flavonoid
C Alkaloid
D Terpenoid
E Saponin
Tenaga Teknis Kefarmasian dan Content Creator @ UKOM Farmasi

Post a Comment

© UKOM Farmasi. All rights reserved. Developed by Ukom Farmasi